Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Jumat, 22 April 2011

Teknologi AMD Fusion APU

Sumber Tulisan :

http://kuliah319.blogspot.com/2011/01/amd-fusion-apu-pembunuh-atom-intel.html



AMD Fusion APU, Pembunuh Atom-Intel?

AMD Fusion APU

AMD menghadirkan kelas baru prosesor terakselerasi yang menggabungkan kemampuan menghitung lebih dari prosesor manapun dalam sejarah komputasi.
AMD Fusion Family of Accelerated Processing Units (APUs) menyatukan teknologi multi-core CPU (x86), kemampuan DirectX11 tingkat discrete grafis yang bertenaga dan mesin pemrosesan paralel, sebuah blok akseleraasi video berdefinisi tinggi, dan bus kecepatan tinggi yang mempercepat data dari berbagai jenis core prosesor dalam satu desain.
Generasi baru dari desktop, notebook, dan netbook HD berbasis AMD Fusion APU kini tersedia dengan harga terjangkau. Tablet dan desain yang tertanam berbasis AMD Fusion APU diharapkan dapat tersedia pada akhir kuartal I 2011. Fitur-fitur baru yang tersedia meliputi stutter-free HD video playback, sebuah terobosan dalam daya komputasi untuk menangani aplikasi-aplikasi grafis yang paling diminati, kemampuan grafis DirectX 11 dan daya tahan baterai sepanjang hari.
AMD berharap, produsen terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony dan Toshiba akan segera mengumumkan rencana mereka untuk mengeluarkan sistem berbasis AMD Fusion APU dengan nilai yang sangat bersaing dan pada harga pasaran.
“Kami yakin prosesor AMD Fusion, merupakan kemajuan terbesar dalam pemrosesan sejak pengenalan arsitektur x86 lebih dari 40 tahun silam,” ujar Rick Bergman, senior vice president dan general manager AMD Products Group.
“Dalam satu langkah besar kami memampukan pengguna untuk menggunakan HD dimanapun, serta kemampuan komputasi-super pribadi dalam sebuah notebook yang memiliki daya tahan baterai sehari penuh. Ini adalah sebuah kategori baru, pendekatan baru, dan membuka pengalaman baru yang menyenangkan bagi pengguna,” ujarnya.
Konten berdefinisi tinggi (HD) kini ada di mana-mana. Mulai dari video You Tube, permainan DirectX11 hingga Blu-ray, dunia menjalani dengan berbagai cara untuk menikmati konten ini dengan layanan komputer sebagai pusatnya. Berkat mesin VISION dari AMD, seperangkat kemampuan unik pada semua komputer yang didukung AMD Fusion APU, sisi visual komputasi tidak pernah tampak lebih hidup dan realistis dari sebelumnya.
Kebanyakan pengalaman komputasi terhubung dengan perangkat lunak, hingga kini, para pengembang perangkat lunak terbatasi dengan situasi dimana CPU dan GPU memproses informasi secara independen. Namun, AMD Fusion APU menghapus hambatan ini dan mengmungkinkan para pengembang untuk mengambil keuntungan penuh atas daya pemrosesan paralel dari sebuah GPU, lebih dari 500 GFLOP untuk ‘Llano’ APUv Seri A yang akan datang, sehingga memberikan performa superkomputer untuk pekerjaan komputasi setiap harinya.
Lebih banyak aplikasi dapat dijalankan secara simultan dan bekerja lebih cepat dari desain sebelumnya pada kelas yang sama.
Sebagai tambahan, teknologi AMD Fusion memungkinkan baterai menyala sehari penuh, 10 jam atau lebih. Fitur baru penghemat daya ini hadir dalam desain single-chip yang memperpanjang waktu diantara plug-ins, bahkan saat menikmati konten HD sekalipun.

Read more:
AMD Fusion APU, Pembunuh Atom-Intel?
AMD meluncurkan AMF Fusion APU bersama para mitra dan pengguna dalam acara "Fusion Tech Day AMD Asia Pasifik yang berlangsung di Singapura, Selasa (26/1/2011).
Laporan Wartawan Kompas.com Egidius Patnistik Langsung dari Singapura
SINGAPURA, KOMPAS.com - AMD (Advanced Micro Devices) meluncurkan kelas baru prosesor terakselerasi, yang diklaim berkemampuan komputasi melebihi prosesor manapun yang pernah ada, untuk kawasan Asia Pasifik, di Singapura, Selasa (26/01/2011). Perangkat baru, yang disebut AMD Fusion Family of Accelerated Processing Units (AMD Fusion APU) dan telah cukup lama dinantikan, itu diperkirakan akan menjadi pembunuh prosesor Atom keluaran Intel.
AMD Fusion APU menggabungkan dalam sebuah chip, yang ukurannya lebih kecil dari kepingan uang logam pecahan Rp 50, teknologi multi-core CPU (x86), mesin grafis dengan kemampuan DirectX 11, blok akselerasi video berdefinisi tinggi, dan bus kecepatan tinggi yang menghantar data antar beragam core dalam sebuah prosesor. Dengan sejumlah kemampuan tersebut, para pengguna komputer akan dimanjakan dan dipuaskan oleh kecepatan kinerja serta kualitas gambar seperti film, video, game, dan grafis yang tersaji di layar komputer.
Secara global, AMD Fusion APU telah diluncurkan di Las Vegas, AS, awal bulan ini. Produk itu lahir setelah lebih dari empat tahun sejak AMD membeli ATI senilai 5,4 miliar dollar AS. Tak lama setelah kedua perusahaan itu merjer, dicanang proyek yang akan menyatukan fungsi CPU dan GPU dalam sebuah chip hybrid. Setelah apa yang tampaknya seperti penundaan hampir tak berujung, perusahaan desain semikonduktor itu akhirnya meluncurkan produk barunya itu pada hajatan Consumer Electronic Show (CES) 2011 di Las Vegas pada awal bulan ini.
Wakil Presiden Pemasaran Produk AMD untuk seluruh dunia, Leslie Lobon, mengakui produk AMD Fusion APU membutuhkan riset yang lama dan anggaran yang lumayan besar. Sementara Wakil Presiden Korporasi untuk Divisi Klien CTO perusahaan itu, Joe Macri, mengungkapan ada sejumlah kendala teknis yang mereka harus pecahkan sebelumnya akhirnya produk itu jadi. Namun keduanya menyatakan puas dengan hasilnya karena AMD Fusion APU bisa mengatasi sejumlah masalah terkait produk AMD selama ini, antara lain, soal keluhan baterai yang cepat habis serta komputer yang cepat panas.
AMD Fusion APU ini bisa ditanam, antara lain, dalam komputer tablet, netbook, notebook, desktop, dan diperkirakan akan menjadi penantang utama prosesor Atom buatan Intel. Fusion APU diklaim punya kemampuan yang jauh lebih baik dari Atom. Fitur-fitur baru yang tersedia mencakup stutter-free HD video playback, sebuah terobosan dalam daya komputasi untuk menangani aplikasi-aplikasi grafis yang paling berat, punya kemampuan grafis DirectX 11, baterai yang bisa bertahan sepanjang hari (hingga 10 jam atau lebih), serta komputer tetap dingin meski telah dipakai hingga berjam-jam.
Pihak AMD memastikan, akan ada lebih dari 35 sistem berbasis AMD Fusion yang akan diluncurkan di Asia Pasifik pada pertengahan tahun ini. AMD berharap produsen komputer terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony dan Toshiba bisa segera mengumumkan rencana mereka untuk menghadirkan sistem berbasis AMD Fusion APU dengan nilai dan harga yang terjangkau pasar.
"AMD Fusion mengubah industri komputasi dengan menghadirkan pengalaman digital yang lebih nyata bagi pengguna PC," kata Ben Williams, Corporate Vice President, General Manager, Asia Pasifik AMD. Ia menambahkan, "AMD Fusion akan menyediakan teknologi bagi para mitra untuk menciptakan form-factor yang baru dan menarik, serta beragam aplikasi canggih yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen."
Williams yakin, produk baru itu akan diminati pasar, termasuk di Indonesia. Meski Indonesia merupakan pasar yang sedang tumbuh, pihak AMD optimis, kebutuhan akan konten berdefinisi tinggi (HD) kini ada di mana-mana, mulai dari video di YouTube, permainan DirectX11, hingga Blu-ray, dan semua itu bisa dinikmati dengan menggunakan layanan komputer. Dengan keunggulan teknologi yang punyai AMD Fusion APU dalam sebuah komputer, pengguna bisa menikmati pengalaman visual komputasi yang tampak sangat hidup dan realistis, yang belum pernah mereka alami sebelumnya.
Ditulis kembali oleh : Totok Sudarmanto

NIM : 1010652014
Prodi : TI SORE
KATEGORI : HARDWARE
Sumber:
2. KOMPAS.COM Rabu, 26 Januari 2011 | 21:55 WIB

1 komentar:

M. Fata Firdaus mengatakan...

Saya sesungguhnya pengagum berat ke-2 CPU dari Intel maupun AMD. Saya punya kedua-duanya. Komputer yang pernah aku miliki secara kronologis sbb:
1. AMD K5166PR pada th. 2000
2. Intel Pentium III~667 MHz socket 370 th. 2001
3. Intel Pentium 4~ 1,8 GHz socket 478 th. 2007
4. Intel Core2Duo @2,93 GHz LGA775 th. 2009
5. Intel dual core T4400 2,2 GHz ( Acer )th.2010
6. Acer AO522 ( AMD C-50 )tn. 2011
Semuanya nyaman aku pakai, baik intel maupun AMD ke-duanya setara dan hebat. Sukses buat intel dan AMD !

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP