Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Kamis, 15 September 2011

Konsep Dasar Umum

Standar Kompetensi Lulusan 1 :
1. Menganalisis hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, | konsep, aspek, dan pendekatan geografi.

Kemampuan yang diuji :   Menjelaskan penggunaan konsep dasar dan pendekatan geografi dalam rangka memahami fenomena geosfer .

Ringkasan Materi :
Hakikat, Objek, Ruang Lingkup, Prinsip, Konsep, Aspek, dan Pendekatan Geografi

a)      Pengertian Geografi Menurut Beberapa Ahli
1) Immanuel Kant
Geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang terdapat dalam wilayah di permukaan Bumi.
2)   Karl Ritter
Geografi adalah suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun nonorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
3)   Bintarto
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan dari unsur-unsur Bumi.
4) Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia di Semarang tahun 1988
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
5) Elsworth Huntington
Geografi adalah studi tentang fenomena permukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. la menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.
6)  Daldjoeni
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mengenai tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Secara spasial, geografi mempelajari persebaran gejala, baik yang alami maupun nonalami. Secara ekologi, geografi mempelajari cara manusia harus beradaptasi cfengan lingkungannya. Dalam hal region, 'geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya.
b)     Konsep Geografi
Dalam geografi terdapat sepuluh konsep dasar sebagai berikut.
1) Konsep Lokasi
Konsep lokasi terdiri atas dua macam, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut terkait dengan garis lintang dan garis bujur. Lokasi relatif adalah lokasi suatu tempat yang dilihat dari wilayah lain.
2) Konsep Jarak
Konsep jarak menunjukkan jarak antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya  dan memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, ataupun kepentingan per-tahanan.
3) Konsep Keterjangkauan
Konsep keterjangkauan tidak hanya dipengaruhi oleh jarak, tetapi juga dipengaruhi oleh medan.
4) Konsep Pola
Konsep pola berkaitan dengan susunan, bentuk, dan persebaran fenomena dalam ruang muka bumi.
5) Konsep Morfologi
Konsep morfologi terkait dengan pembentukan morfologi muka bumi.
6) Konsep Aglomerasi
Konsep aglomerasi menjelaskan adanya suatu fenomena yang cenderung mengelompok. Sebagai contoh adanya pengelompokan kegiatan ekonomi seperti industri dan per-dagangan. Selain itu, juga terjadi pengelompok­an antara suatu kelompok yang berasal dari daerah tertentu.
7) Konsep Nilai Kegunaan
Konsep nilai kegunaan berkaitan dengan nilai guna suatu wilayah. Tiap wilayah memiliki nilai kegunaan berbeda yang dapat di-kembangkan menjadi potensi yang menunjang perkembangan suatu wilayah.
8) Konsep Interaksi atau Interdependensi
Konsep ini menjelaskan adanya hubungan saling atau timbal balik antara berbagai hal.
9) Konsep Diferensiasi Area
Konsep diferensiasi wilayah mempertegas bahwa antara satu tempat dengan tempat lain memiliki perbedaan.
10) Konsep Keterkaitan Ruangan
Adanya perbedaan potensi suatu wilayah akan mendorong terjadinya interaksi antarwilayah.
c)      Prinsip Geografi  
Terdapat empat prinsip geografi sebagai berikut.
1)  Prinsip Distribusi
Prinsip ini menerangkan bahwa persebaran fenomena geografi di permukaan bumi tidak merata. Misalnya, kesuburan tanah antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya tidak sama.
2)  Prinsip Interelasi
Manusia dan alam memiliki keterkaitan yang erat. Interelasi yang terjadi di alam dapat timbul antara alam dengan alam itu sendiri maupun alam dengan manusia. Misalnya, banjir bandang terjadi akibat penggundulan hutan yang dilakukan oleh manusia.
3)  Prinsip Deskripsi
Prinsip deskripsi merupakan prinsip yang menjelaskan berbagai fenomena alam maupun sosial yang terjadi di dunia.
4)  Prinsip Korologi
Prinsip korologi merupakan perpaduan antara prinsip penyebaran, interelasi, dan deskripsi suatu wilayah. Kondisi wilayah memberikan ciri khas pada gejala, fungsi, dan bentuk.
d)     Aspek dan Ruang Lingkup Geografi
1)  Aspek Fisik dan Aspek Sosial
Aspek geografi dibedakan menjadi aspek fisik dan sosial. Aspek fisik meliputi aspek
kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang dapat diamati secara langsung. Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia.

 













2)  Ruang Lingkup Geografi
Ruang lingkup geografi sebagai berikut.
a.    Persebaran dan keterkaitan manusia di bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi tempat hidup manusia.
b.   Hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan fisrk alam merupakan bagian kajian keanekaragaman wilayah.
c.    Kerangka regional dan analisis wilayah yang berciri khusus.















e)      Objek Studi Geografi
Objek studi geografi dibedakan menjadi dua, yaitu objek material dan objek formal.
1)  Objek Material
Objek material meliputi letak dan gejala yang terdapat dan terjadi di lapisan geosfer. Objek material juga berkaitan dengan bentang lahan fisik dan bentang lahan manusia.
2)  Objek Formal
Objek formal adalah cara pandang dan pikir terhadap objek material dari sudut geografi. Cara pandang itu dilihat dari segi keruang­an, kelingkungan, kewilayahan, dan waktu.
f)       Pendekatan Geografi
Terdapat tiga pendekatan geografi sebagai berikut.
1)  Pendekatan Keruangan
Pendekatan ini mendasarkan pada per-bedaan lokasi dari sifat-sifat pentingnya seperti perbedaan struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan terkait dengan elemen pembentuk ruang yang berupa kenampakan titik, garis, dan area. Pola keruangan terkait dengan distribusi ketiga elemen tersebut.
2)  Pendekatan Kelingkungan atau Ekologi
Pendekatan ekologi adalah pendekatan yang menekankan pada interaksi organisme dengan lingkungan, serta fenomena yang ada dan juga perilaku manusia. Interaksi antara perilaku manusia dengan lingkungannya menjadi ciri khas dari pendekatan ini.
3)  Analisis Kompleks Wilayah
Analisis kompleks wilayah merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Pendekatan ini menekan­kan pada konsep area/ differentiation, yaitu adanya perbedaan tiap wilayah mendorong interaksi antara wilayah satu dengan lainnya.

Contoh Soal dan pembahasan :
1.      Di Jakarta kita mengenal adanya Kampung Ambon dan Kampung Melayu. Penamaan wilayah semacam ini juga terjadi di daerah lain. Jika ditelusuri asal muasalnya proses kejadian ini sesuai dengan konsep dasar geografi yaitu ....
A.    keterjangkauan
B.     nilai kegunaan
C.     pola
D.    aglomerasi
E.     diferensiasi area
Kunci Jawaban : D
Konsep Aglomerasi
Konsep aglomerasi menjelaskan adanya suatu fenomena yang cenderung mengelompok. Sebagai contoh adanya pengelompokan kegiatan ekonomi seperti industri dan per-dagangan. Selain itu, juga terjadi pe­ngelompokan antara suatu kelompok yang berasal dari daerah tertentu. Misalnya ditemuinya kelompok penduduk Kampung Melayu dan Kampung Ambon di Jakarta. Penduduk tersebut cenderung mengelompok dengan penduduk yang berasal dari daerah maupun suku yang sama.
2.      Jika fenomena alam dan manusia diuraikan dan dijelaskan tersebar tidak merata, berarti kita menggunakan prinsip ....
A. distribusi
B. jnterelasi
C. deskripsi
D. korologi
E. korelasi
Kunci Jawaban : A
Prinsip Distribusi
Prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena geografi (alam dan manusia) adalah prinsip distribusi.
3.      Peristiwa alam seperti tanah longsor di Gunung Leuser (Aceh), merupakan fenomena geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah …
A. pendekatan keruangan
B. pendekatan kelingkungan
C. pendekatan persebaran
D. pendekatan kewilayahan
E. pendekatan korologis
Kunci Jawaban : B
Pendekatan Kelingkungan
Pendekatan geografi dibedakan menjadi tiga, yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Pendekatan tersebut digunakan sesuai dengan fenomena yang dipelajari. Fenomena yang terkait dengan bencana tanah longsor yang terjadi di Gunung Leuser paling sesuai dipelajari dengan pendekatan kelingkung­an atau ekologi. Tanah longsor yang terjadi disebabkan oleh kerusakan hutan akibat penebangan liar sehingga hutan menjadi gundul. Hutan tidak berfungsi sebagai daerah resapan sehingga memicu terjadinya tanah longsor. Bencana ini merupakan bencana ekologis yang merusak lingkungan.
4.      Setiap musim hujan di Jakarta dan sekitarnya sering terjadi banjir dan tanah longsor terutama di kawasan hilir Ciliwung. Untuk memecahkan masalah tersebut dalam studi geografi dilakukan dengan
A. pendekatan keruangan                     D. pendekatan regionalisasi
B. pendekatan ekologi                          E. pendekatan kewilayahan
C. pendekatan kompleks wilayah
Kunci Jawaban: B
Pendekatan Ekologi
Peristiwa alam seperti tanah longsor, banjir, dan berbagai fenomena alam lainnya dapat dikaji dengan pendekatan kelingkungan atau ekologi. Dengan pendekatan ini dapat diketahui dampak dari aktivitas manusia terhadap lingkungannya. Hal itu dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi sehingga bencana yang terjadi dapat dihindari dan diantisipasi.
5.      Keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya dan terjadi di permukaan bumi serta tersebar tidak merata, dapat dipelajari dengan menggunakan prinsip ....
A. distribusi dan interaksi                    D. deskripsi dan interelasi
B. interelasi dan distribusi                    E. korologi dan dependensi
C. korologi dan keruangan
Kunci Jawaban: B
Interelasi Dan Distribusi
Dalam geografi ada empat prinsip untuk men-jelaskan fenomena geografi. Pada soal, terdapat dua kata kunci, yaitu keterkaitan (interelasi) dan persebaran (distribusi).

Tidak ada komentar:

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP