Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Minggu, 10 September 2023

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Eratosthenes
Menurut Erastothenes, geografi adalah penulisan tentang bentuk muka bumi. Istilah atau kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang memiliki arti bumi serta graphien yang berarti tulisan.

2. Immanuel Kant
Filsuf Immanuel Kant berpendapat bahwa geografi sangat dekat dengan ilmu filsafat. Menurutnya, geografi adalah ilmu dan objek studinya adalah benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar pada wilayah di permukaan bumi.

3. Karl Ritter
Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan alamiah, gejala alam, keadaan kebudayaan, dan sejarah kebudayaan manusia di bumi ini.

4. Hartshorne
Hartshorne mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi.

5. Paul Vidal de La Blache
Geografi menurut Paul Vidal de La Blache adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

6. Bintarto
Menurut Bintarto, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur unsur bumi dalam ruang dan waktu.

7. Daldjoeni
Daldjoeni berpendapat bahwa Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan kepada manusia mengenai beberapa cangkupan yang terdiri atas tiga hal pokok, yaitu cangkupan spasial (ruang), cangkupan ekologi (kondisi), dan cangkupan region (wilayah).

8. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha
Mereka berpendapat bahwa geografi merupakan deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap.

9. Alexander
Alexander memberikan definisi bahwa geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.

10. William Morris Davis
WIlliam berpandangan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dan lingkungan fisik.

11. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)
Pengertian geografi menurut IGI adalah ilmu tentang persamaan dan perbedaan gejala geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

12. American Geographical Society
Menurut organisasi ini, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang lingkungan alami dan sosial, serta interaksi antara manusia dan lingkungan.

Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6656077/pengertian-geografi-menurut-para-ahli-dan-cabang-ilmunya

Tidak ada komentar:

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP