SKL UN 2013
Peraturan BNSP
No. 0019/P/BSNP/XI/2012
Tentang
Kisi-Kisi Ujian
Nasional Untuk Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah
Tahun Pelajaran
2012/2013
C. Kisi- kisi
Soal Ujian Nasional SMA/MA
30.  GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM
IPS)
PREDIKSI DISTRIBUSI SKL DALAM SOAL UN 2013 ( MENURUT PENULIS )
| 
NO | 
KOMPETENSI | 
INDIKATOR | 
Kelas | 
Turus | 
Juml. soal | 
No. soal | 
| 
1. | 
Mendeskripsikan hakikat,
  objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi. | 
Menentukan penggunaan prinsip,
  konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena
  geosfer. | 
10 | 
IIII | 
4 | 
1,2,3,4 | 
| 
2. | 
Menganalisis sejarah
  pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya. | 
Mendeskripsikan proses pembentukan
  Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya. | 
10 | 
IIII | 
4 | 
5,6,7,8 | 
| 
Mengidentifikasi planet Tatasurya
  dan Jagadn raya. | 
10 | 
I | 
1 | 
9 | ||
| 
3. | 
Menganalisis dinamika
  unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | 
Menganalisis fenomena yang terjadi
  di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | 
10 | 
IIIII | 
5 | 
10,11,12, 
13,14 | 
| 
Menganalisis fenomena yang terjadi
  di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | 
10 | 
IIIII  I | 
6 | 
15,16,17, 
18,19,20 | ||
| 
Mendeskripsikan keanekaragaman
  flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan. | 
11 | 
II | 
2 | 
21,22 | ||
| 
Mendeskripsikan fenomena
  kependudukan. | 
11 | 
II | 
2 | 
23,24 | ||
| 
4. | 
Mendeskripsikan sumber daya
  alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | 
Mengidentifikasi sumber daya alam
  yang berhubungan dengan aspek geografi. | 
11 | 
II | 
2 | 
25,26 | 
| 
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber
  daya alam secara arif. | 
11 | 
III | 
3 | 
27,28, 
29 | ||
| 
5. | 
Mendeskripsikan pemanfaatan
  dan pelestarian lingkungan hidup. | 
Menganalisis pemanfaatan dan
  pelestarian lingkungan hidup. | 
11 | 
II | 
2 | 
30,31 | 
| 
Mengkaji kaitan lingkungan hidup
  dengan pembangunan berkelanjutan. | 
11 | 
IIII | 
4 | 
32,33, 
34,35 | ||
| 
6. | 
Menerapkan keterampilan
  dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer. | 
Menerapkan keterampilan dasar
  pemetaan pada pembuatan peta. | 
12 | 
III | 
3 | 
36,37, 
38 | 
| 
Menganalisis penggunaan peta untuk
  penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk. | 
12 | 
I | 
1 | 
39 | ||
| 
7. | 
Mendeskripsikan pemanfaatan
  citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media
  informasi fenomena geosfer. | 
Menginterpretasi citra hasil
  penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer. | 
12 | 
II | 
2 | 
40,41 | 
| 
Mendeksripsikan Sistem Informasi
  Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer. | 
12 | 
II | 
2 | 
42,43 | ||
| 
8. | 
Mendeskripsikan wilayah
  dan pewilayahan di dunia. | 
Membedakan pola keruangan dan
  interaksi desa-desa, desa-kota, dan kota-kota. | 
12 | 
III | 
3 | 
44,45, 
46 | 
| 
Mendeskripsikan konsep wilayah dan
  pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan. | 
12 | 
II | 
2 | 
47,48 | ||
| 
Mendeskripsikan karakteristik
  negara berkembang dan negara maju. | 
12 | 
II | 
2 | 
49,50 | 
 

 
 
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar