Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Kamis, 23 Februari 2023

Zone Kedalaman Laut

PEMBAGIAN LAUT BERDASARKAN KEDALAMAN DAN ZONIFIKASINYA 

 

a.       Zone Lithoral,  

merupakan zone yang ada antara pasang naik tertinggi dengan pasang surut terendah.  Zone ini dikatakan juga zone pantai yang merupakan peralihan antara darat dengan laut.

b.      Zone Neritis,

 merupakan zone laut dari pasang surut terendah sampai dengan kedalaman sekitar 200 meter. Zone neritis merupakan laut dangkal (continental shelf).

 Lebarnya dari garis pantai berbeda-beda tergantung pada keadaan topografi dasar laut di depannya. Continental shelf yang luas antara lain adalah :

Continental shelf yang ada di sebelah Timur ujung Amerika Selatan (+ 500 mil)

Continental shelf yang meminggiri Arctic yaitu shelf laut Barent (+ 750 mil)

Continental shelf  yang ada antara Canada dengan Greenland (100 – 150 mil)

Dangkalan Sunda merupakan continental shelf  seluas 1,8 juta km2

 Dangkalan Sahul merupakan continental shelf  seluas 1,5 juta km2

Continental shelf terjadi akibat adanya kenaikan permukaan air laut akibat pencairan es yang ada di kutub. Menurut ahli geologi kenaikan permukaan air laut tersebut diperkiranan 100 meter.  Laut yang terjadi akibat permukaan air laut naik disebut laut transgresi. 


c. Zone Bathial 


merupakan zone dasar laut dengan kedalaman antara 200 – 1.000 meter. Umumnya zone ini merupakan lereng yang curam yang merupakan dinding laut dalam dan sebagai pinggir kontinen.  Zone bathial disebut  Continental slope. Pada continental slope sering dijumpai ngarai (submarine canyon). Canyon ini merupakan kelanjutan dari muara-muara sungai besar, misalnya  canyon Congo, canyon sungai Indus, canyon sungai Gangga, canyon sungai Columbia, canyon sungai Mississippi. Di Indonesia bekas palung sungai Sunda Besar baik yang mengalir ke laut China Selatan maupun yang mengalir ke selat Makasar (system Molengraff).  


d. Zone Abisal  


merupakan zone laut dalam ( 1.000 – 6.000 meter).  Zone laut yang paling luas adalah zone laut dalam ini.  Zone ini tersebar pada ketiga samudera yang ada. Rata-rata kedalaman laut 3795 meter. Pada kedalaman ini sinar matahari tidak tembus lagi, oleh karena itu temperaturnya rendah dan pergerakan air tidak lagi dipengaruhi oleh gelombang dan arus permukaan.

  

e.      Zone Hadal

  zone laut dengan kedalaman lebih dari 6.000 meter.  Biasanya zone ini berupa trench, trough, slenk, basin. Misalnya  Mariana Trench, Philipina (Mindanau) Trench, Jepan Trench, Java Trench dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP