Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Minggu, 10 September 2023

Objek Studi Material Geografi


Yang dimaksud objek material geografi adalah segala sesuatu yang dipelajari dalam kaitannya dengan fenomena geosfer yang terdapat dan terjadi di lapisan litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer. Objek studi material geografi merupakan objek yang dipelajari dalam geografi, meliputi:


1. Litosfer (lapisan kulit bumi)
Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terletak antara permukaan bumi sampai kedalaman 1000 km. Litosfer merupakan tempat dimana makhluk hidup berada, khususnya manusia yang tinggal di atas permukaan bumi.

Adapun bagian padat litosfer digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu batuan, sedimen, dan tanah. Terdapat hubungan antara batuan dan tanah, karena batuan merupakan sumber mineral yang penting bagi bagi tanah untuk pertumbuhan tanaman.

2. Hidrosfer (lapisan air)
Hidrosfer adalah lapisan air yang terdapat di permukaan dan bagian dalam bumi, serta di udara. Lapisan air antara lain meliputi: laut, sungai, danau, rawa, dan air tanah.

Air merupakan komponen alami yang sangat penting bagi seluruh kehidupan di bumi. Manusia pun akan selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci, dan memasak. Demikian juga binatang dan tumbuhan yang membutuhkan air agar dapat hidup.
3. Atmosfer (lapisan udara)
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi, Berdasarkan perbedaan suhunya atmosfer dibagi menjadi empat lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. Atmosfer yang terdiri atas bermacam-macam gas dan uap air juga sangatlah penting dalam ekosistem kehidupan berbagai makhluk hidup, karena secara langsung mempengaruhi kehidupan di bumi.

4. Biosfer (lapisan hewan dan tumbuhan)
Biosfer adalah sistem kehidupan paling besar yang ada di planet bumi karena merupakan gabungan dari berbagai ekosistem . Sistem itu mencakup seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggal mereka sebagai kesatuan yang utuh.

5. Antroposfer (lapisan manusia)

Antroposfer adalah lapisan manusia beserta kehidupannya di permukaan bumi. Pada hal ini, bidang geografi mencakup persebaran keanekaan budaya dan ragam fisik manusia dalam ruang (wilayah). Sebagai contoh, dapat diperhatikan bahwa di permukaan bumi terdapat berbagai macam ras yang menempati berbagai kawasan, antara lain Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, Afrika Barat, Amerika, dan Australia.

Dengan begitu, objek studi material geografi mencakup gejala-gejala semua fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer (permukaan bumi).

Apa saja contoh objek material geografi?
Contoh objek material geografi adalah pemukiman, desa, kota, pariwisata, daerah aliran sungai, bentuk lahan, sumber daya, industri, kependudukan, wilayah atau region, iklim, tanah, air, dan sebagainya.

Sumber :
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/geografi/objek-studi-geografi/

Tidak ada komentar:

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP