Created by MUHAMMAD FATA FIRDAUS the Geography Teacher and Earth Science . Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon maaf, silakan terlebih dahulu untuk KLIK tombol BUKA di bawah ini :
Perkenalkan, saya MUHAMMAD FATA FIRDAUS guru Geografi SMA Negeri Punung. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan kualitas dan kemajuan blog saya.

Temukan di Blog ini

Channel Video Musik Populer

Minggu, 10 September 2023

Prinsip geografi

Prinsip geografi 
  • Prinsip geografi adalah landasan dalam menjelaskan suatu gejala atau fenomena yang terjadi serta menganalisis berbagai fenomena-fenomena geosfer seperti atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer yang ada di dalam suatu wilayah. 
  • 1. Prinsip persebaranPrinsip persebaran menjelaskan bahwa fenomena geografi di Bumi tidak merata. Fenomena geografi termasuk gejala dan fakta geografi yang berkenaan dengan alam maupun manusia. Contoh prinsip persebaran: a. Persebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lain. b. Persebaran limbah cair dalam tanah. c. Persebaran polusi udara. 
  • 2. Prinsip tnterelasi. Prinsip geografi selanjutnya ialah interelasi. Permasalahan yang terjadi di alam dengan manusia saling terkait. Interelasi ini dapat terjadi antara alam dengan alam itu sendiri maupun alam dengan manusia. Contoh prinsip interelasi: a. Fenomena banjir yang terjadi akibat penebangan hutan di wilayah hulu. b. Kekeringan yang berkepanjangan sebagai dampak adanya La Nina. c. Perpindahan penduduk Desa X akibat polusi udara pabrik. 
  • 3. Prinsip deskripsi. Bentuk keterkaitan antara alam dan manusia dapat digambarkan dalam bentuk deskripsi. Selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, ini dapat dilengkapi pula dengan diagram, tabel, gambar, dan peta. Penjelasan atau deskripsi berguna untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah yang sedang dipelajari. Contoh prinsip deskripsi: a. Awal kemunculan ilmu geografi yang dideskripsikan dalam catatan perjalanan. b. Grafik peta lempeng vulkanik di dunia. c. Peta penggunaan tanah untuk menganalisis wilayah dan kesesuaian lokasi. 
  • 4. Prinsip korologi. Prinsip korologi mencakup pengamatan gejala, fakta, ataupun masalah geografi di suatu tempat. Prinsip ini meninjau fenomena geografi dari segi pesebarannya, interelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu. Singkatnya, prinsip korologi memadukan ketiga prinsip lain. Kondisi wilayah akan memberikan ciri khas pada kesatuan gejala, fungsi, dan bentuk. Contoh prinsip korologi. a. Jika ingin mengetahui tentang suhu udara, peneliti perlu mengetahui tentang perbedaan suhu udara pada pedesaan dan kota, penyebab timbulnya udara sejuk di perdesaaan, serta pengaruh banyaknya pohon di desa terhadap suhu udara di wilayah perdesaan. b. Peneliti ingin mengetahui fenomena letusan gunung berapi di Indonesia. Karenanya, peneliti perlu mengetahui tentang jumlah gunung berapi aktif di Indonesia, penyebab letusan gunung berapi, serta dampaknya. c. Terakhir, jika ingin mengetahui tentang perkiraan angin, peneliti dapat melihat perbedaan dan arah angin di berbagai wilayah dan penyebab serta akibat dari angun tersebut.

Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/533715/prinsip-prinsip-geografi-dan-contohnya

Tidak ada komentar:

Navigasi Halaman Blog


Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Tes di kelas XI-IPA3, Sabtu 27 Oktober 2012

Geografi UMS

Environmental Geography Student Association

Perpustakaan Geografi Online

Ilmu Tanah

10 Konsep Pokok Geografi : Lokasi - jarak - keterjangkauan - pola - morfologi - aglomerasi - nilai guna - interaksi/interdependensi - diferensi areal - keterkaitan keruangan

Gramedia Literasi

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan masukan demi kemajuan blog ini ( M. Fata Firdaus )





  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP